Mau jadi Tim Kreatif? Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Bisa Dipilih

Untuk belajar di bidang kreatif, Anda perlu memilih jurusan yang sesuai dengan bidang pilihan Anda. Kami juga memiliki beragam lulusan universitas menjanjikan yang ingin membentuk tim kreatif.

Prospek karir dan studi akademis juga harus diperhitungkan. Hal ini penting bagi terbentuknya tenaga-tenaga kreatif dan kreatifitas untuk mewujudkan impian.

Rekomendasi bagi lulusan bagaimana menjadi tim kreatif

Dengan orang yang tepat maka kreativitas dapat tumbuh. Nah, jika Anda ingin memilih jurusan kuliah untuk menjadi kreatif, ada lima jurusan yang bisa dipilih:

1. Fotografi

Bagi yang suka berfoto-foto asyik, fotografi merupakan salah satu jurusan di industri kreatif. Di bagian ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan kamera Anda untuk memotret objek dan menemukan foto yang bagus.

Meskipun berbeda dengan kebanyakan kursus lainnya. Foto tersebut mempunyai banyak penggemar. Kemajuan dalam digitalisasi telah memungkinkan fotografer mengambil gambar berbeda dari objek berbeda dan mengeditnya dengan lebih baik menggunakan perangkat lunak di komputer.

Karya Anda akan dipublikasikan di Internet dan Anda bisa memperoleh penghasilan tinggi jika menjadi fotografer profesional. Setelah Anda mulai belajar fotografi, Anda akan dapat menggunakan foto ponsel Anda untuk mengunggahnya ke media sosial.

Sebaliknya, menjadi seorang fotografer profesional membutuhkan banyak pengalaman dan kredibilitas agar dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi dan bertahan di dunia fotografi.

Walaupun Telkom University sendiri tidak memiliki jurusan fotografi khusus, namun materi dan keterampilan fotografi juga diajarkan di jurusan Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, dan Multimedia Kreatif Digital.

2. Desain Produk

Apakah Anda menyukai desain? Jurusan bagi para pemikir kreatif, desain produk adalah jurusan menarik yang memungkinkan Anda berinovasi dengan berbagai jenis desain. Jurusan ini dirancang bagi siswa yang senang menciptakan produk yang ekonomis dan menarik.

Mereka yang memilih jurusan ini akan mempelajari bidang akademik seperti desain produk konsumen, desain peralatan, dan desain transportasi. Bidang ini cocok untuk menciptakan produk yang berpusat pada manusia.

Karir desainer produk ini berkisar dari desainer industri, wirausaha, hingga peneliti dalam berbagai penelitian terkait produk industri. Oleh karena itu, tak heran jika lulusan perguruan tinggi dianggap mengambil jurusan tim kreatif.

Dengan mengembangkan berbagai produk sesuai kebutuhan melalui analisis dan penelitian, kami menciptakan produk yang lebih estetis, lebih ekonomis, dan dapat digunakan setiap hari.

Tertarik dengan jurusan ini? Anda bisa langsung bergabung dengan Fakultas Desain dan Inovasi Produk Telkom University dan belajar tentang desain industri melalui beberapa mata kuliah yang sesuai, antara lain: B. Nirmana, konstruksi model dan prototipe, penelitian material, praktik perbengkelan, serta tren dan gaya hidup.

3. Sastra Indonesia

Merupakan jurusan universitas bagi mereka yang senang mempelajari sastra, budaya, dan menulis serta ingin mengambil jurusan sastra Indonesia. Untuk mengikuti jurusan ini diperlukan kemampuan komunikasi yang baik dan ketelitian.

Analisis yang sangat baik dan kemampuan berpikir kritis menjadikan kursus ini sangat populer. Oleh karena itu, jurusan ini memungkinkan Anda untuk berkreasi karena Anda dapat memilih dari tiga jurusan: Sastra, Linguistik, dan Filologi.

4. Desain Komunikasi Visual

Kedua, mata kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan mata kuliah universitas kreatif karena mengajarkan elemen visual yang berkaitan dengan 2D dan 3D. Tujuan DKV adalah menciptakan desain yang berguna dengan makna tertentu.

Prospek karir lulusan DKV juga beragam. Dari ilustrator, desainer grafis, hingga animator, terdapat prospek karier dengan peluang besar di masa depan.

Selain bekerja sebagai ilustrator atau desainer grafis, kursus DKV juga akan membantu Anda menjadi wirausaha berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Hal ini dapat dipelajari di Departemen Desain Komunikasi Visual Telkom University dan mengembangkan kemampuan kewirausahaan mahasiswa serta keterampilan pendukung lainnya untuk bertahan di industri.

5. Katering

Seni kuliner, salah satu mata pelajaran utama industri kreatif, berkaitan dengan seni menyiapkan makanan dengan pengetahuan mendalam, estetika, kualitas dan rasa dari apa yang disajikan. Meski sederhana, restoran ternama membutuhkan masakan.

Pelajari berbagai teknik dan gaya memasak dari seluruh dunia, dan dapatkan juga pengetahuan untuk menstandardisasi makanan Anda sesuai dengan standar industri di mana Anda nantinya akan mengejar karir Anda.

Manajemen kuliner di Telkom University sendiri dipelajari pada Jurusan Perhotelan dan Seni Kuliner, dimana mahasiswa tidak hanya belajar tentang pengolahan makanan dan minuman saja, namun juga tentang manajemen perhotelan.

Setelah lulus SMK/SMK, ada baiknya memilih jurusan “Menjadi Tim Kreatif” di universitas-universitas tersebut diatas. Dengan pengetahuan dasar, Anda bisa memilih kursus ini sesuai minat dan bakat Anda.

Jika masih bingung memilih program studi untuk menjadi tim kreatif, universitas suryakancana menawarkan konsultasi gratis melalui Zoom Media.

Sehingga Anda bisa lebih yakin bahwa jurusan yang Anda pilih sesuai dengan minat dan bakat Anda. Daftar untuk konsultasi hari ini dan #ReachYourFuture untuk mewujudkan impian Anda.

admin Avatar

Liyana Parker

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.